Netbeans 7.2


NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE)berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris.

Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger.

http://www.javabeat.net/wp-content/uploads/2012/06/HelloWorld.jpg

Dalam dunia Java, SWT/JFace adalah teknologi forking dari teknologi Swing yang sudah dibundel sejak Sun meluncurkan Java 1.2 beberapa tahun yang lalu (saat artikel ini dibuat Java sudah 1.5 beta 1). Maklum suka tidak suka, Java saat ini mengacu pada Sun, dan SWT/JFace tidak mengacu kepada standar yang diciptakan Sun. Biarpun tidakstandar, SWT/JFace bekerja lebih cepat dibandingkan AWT/Swing, hal ini dikarenakan SWT merupakan teknologi yang lebih native dibandingkan teknologi AWT.
AWT adalah core engine dari Swing, sedangkan SWT adalah core engine dari JFace. Sebenarnya SWT/JFace adalah jawaban dari IBM yang terus menekan Sun agar meng-opensource-kan teknologi Javanya. Walaupun sampai detik artikel ini ditulis, statusnya masih mengambang.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India